Penyerahan Mahasiswa PPL IAIBAFA Jombang di Madrasah Fattah Hasyim: Cakap Teoritis, Cakap Praktik

Jombang, Senin, 22 Juli 2024 – Sebanyak 11 mahasiswa Institut Agama Islam Bani Fattah (IAIBAFA) Jombang, terdiri dari 4 putra dan 7 putri, bersama dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Oktavia Ratna Ningtyas, M.Pd., dan Fitrotin Hasanah, M.Pd., resmi memulai proses Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Kampus 2 Madrasah Fattah Hasyim.

Acara pembukaan PPL ini turut dihadiri oleh Wakil Kepala Madrasah 1, H. Moh. Yahya, S.Pd.I, dan Bidang Kurikulum, H. Miftahul ‘Ulum, SH, M.Pd. Oktavia Ratna Ningtyas, M.Pd., mengungkapkan kebanggaannya atas penerimaan positif mahasiswa IAIBAFA di Madrasah Fattah Hasyim selama beberapa tahun terakhir.

“Alhamdulillah, mahasiswa kami dalam beberapa tahun ini diterima dengan baik oleh Madrasah Fattah Hasyim. Tentu ini menjadi suatu kebanggaan yang luar biasa,” ujarnya.

Dosen sekaligus Kaprodi PGMI IAIBAFA Jombang itu juga menyampaikan bahwa tujuan PPL ini tidak lain adalah praktik secara langsung untuk mengaplikasikan teori-teori yang didapatkan selama masa perkuliahan.

“Bagaimana agar mahasiswa tidak hanya cakap secara teoritis, tapi juga cakap secara praktik,” tambahnya.

Mahasiswa PPL akan ditempatkan sesuai dengan formasi konsentrasi ilmu dan kebutuhan di Madrasah Fattah Hasyim, seperti menjadi guru mata pelajaran, membantu bagian kesekretariatan, dan tugas lainnya.

Afthon Rosyidi, salah satu mahasiswa IAIBAFA, menyatakan bahwa pengalaman PPL ini akan menjadi momen berharga selama masa perkuliahan. “Kami akan PPL di Madrasah Fattah Hasyim dalam waktu 1 bulan ke depan. Ini akan menjadi salah satu pengalaman paling berkesan selama masa perkuliahan,” ungkapnya.

Sementara itu, H. Moh. Yahya, S.Pd.I, dari Madrasah Fattah Hasyim, menyambut antusias kedatangan mahasiswa PPL dari IAIBAFA. Disamping karena IAIBAFA dan Madrasah Fattah Hasyim berasal dari embrio yang sama, integritas lembaga-lembaga pesantren tentu sangat diperlukan untuk memperkuat karakter melalui kultur dan pengembangan keilmuan melalui praktek pengalaman lapangan.

“Hubungan baik antara Madrasah Fattah Hasyim dan Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang harus tetap terjaga, termasuk melalui kegiatan PPL yang diadakan setiap tahun di Madrasah kami,” kata H. Moh. Yahya, S.Pd.I.

Proses PPL di Madrasah Fattah Hasyim direncanakan akan berlangsung selama satu bulan ke depan, di mana mahasiswa IAIBAFA akan mengasah keterampilan praktis mereka dalam lingkungan pendidikan yang sebenarnya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email