Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email

OSMAFA : Wadah Siswa Untuk Belajar Berorganisasi

Sabtu, 05 Agustus 2023, Madrasah Fattah Hasyim melaksanakan agenda pesta demokrasi madrasah yang lebih dikenal dengan “Pemilihan Ketua OSIS”. Sebelumnya, TIM dari bidang kesiswaan sudah melaksanakan beberapa Agenda tahapan untuk melakukan seleksi beberapa kandidat yang diajukan oleh masing-masing kelas, yang kemudian diambil 2 terbaik dari tingkat MTs dan 2 terbaik dari Tingkat MA.

Seleksi untuk menentukan 2 terbaik ini meliputi tes tulis yang telah dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2023 dan tes lisan yang dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2023 termasuk sangat semarak, terbukti dari antusianya masing masing kelas untuk mendelegasikan kandidat terbaik dikelasnya untuk ikut serta mengikuti seleksi, dan tercatat hampir 100% kelas mengirimkan delegasi.

Kandidat terbaik hasil seleksi yang maju sebagai kandidat ketua OSIS adalah :

Tingkat MTs :
1. Restu Dawam Rahmat Muawim
2. Hadi Pandu Gunawan

Tingkat MA
1. M. Khoir Ulil Abror Al Hakim
2. M. Asyam al Aflah

Dalam sambutannya, Bapak Fadlan murtadlo selaku Koordinator bidang kesiswaan menjelaskan beberapa hal :

1. Pentingnya OSiS
OSIS adalah salah satu wadah siswa untuk belajar ber organisasi, selain belajar pelajaran di kelas, penting bagi siswa sejak dini untuk belajar berorganisasi. Hal ini merupakan bekal para siswa kelas setelah lulus. Selian itu, adalah OSIS ini para siswa dilatih untuk menjadi seorang pemimpin yang berkualitas dan tangguh.

2. Pentingnya Pesta Demokrasi /pemilihan ketua OSIS
Sejak dini para siswa dilatih untuk belajar memilih calon pemimpin yang tepat, calon pemimpin yang memang mempunyai potensi kepemimpinan yang mumpuni, sehingga pemimpin yang akan terpilih nantinya adalah yang bisa menahkodai roda kepemimpinan dengan baik dan seluruh program bisa berjalan sukses

3. Peralihan nama menjadi OSMAFA
OSIS merupakan istilah awal dan untuk digunakan disekolah-sekolah, namun seiring berjalannya waktu, untuk istilah OSIS di madrasah-madrasah diganti menjadi OSIM (Organisasi Intra Madrasah). Dan dengan beberapa pertimbangan Madrasah Fattah Hasyim tahun ini mengganti istilah OSIM menjadi OSMAFA (OSIS Madrasah Fattah Hasyim). Perubahan istilah ini bukan tanpa tujuan, perubahan ini dalah satu tujuannya adalah agar seluruh program OSIS yang ada di Madrasah Fattah Hasyim bisa selaras dengan semangat Madrasah ini didirikan.

Dan dalam sambutannya, beliau juga memberikan pesan ” Mari kita benar-benar selektif dalam memilih ketua OSMAFA, dan siapapun yang nantinya terpilih maka harus kita support penuh. Serta bagi yang belum terpilih jangan sedih dan tetap semangat untuk ikut serta memajukan OSMAFA”

Dalam pilihan ketua OSMAFA kali ini, masing-masing kelas mengirimkan 5 delegasi untuk memilih kandidat ketua OSMAFA, dimasa sebelumnya para kandidat sudah menyampaikan terkait visi dan misi mereka didepan seluruh siswa/siswi.

Dari hasil perhitungan suara
Tingkat MTs yang terpilih adalah “Restu Dawam Rahmat Muawim” dengan total 90 suara, dan tingkat MA yang terpilih adalah ” M. Khoir Ulil Abror Al Hakim” dengan total perolehan 90 suara.

Setelah itu, dilanjutkan dengan sambutan dari masing-masing ketua OSMAFA terpilih dan diakhir i dengan do’a.