Sambut Siswa Baru, Madrasah Fattah Hasyim Gelar MATSAMA yang Edukatif dan Menyenangkan

Madrasah Fattah Hasyim, di Kampus II, menggelar Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) bagi peserta didik baru dari tanggal 4 hingga 6 Juli 2024. Acara ini bertujuan untuk mengenalkan kultur dan lingkungan madrasah kep\ada para siswa baru dan mempererat hubungan antar peserta didik.
 
MATSAMA di Madrasah Fattah Hasyim dirancang dengan suasana riang gembira tanpa adanya perpeloncoan. Kegiatan ini mencakup penyampaian materi pengenalan madrasah, sejarah, kultur, serta pengembangan bakat dan kreativitas yang ada di madrasah.
Pada hari pertama, Kamis, 4 Juli 2024, acara dimulai dengan seremonial di Halaman Gedung 2 Madrasah Fattah Hasyim. Peserta didik baru terlihat sangat antusias. Herlambang, salah satu siswa baru asal Madiun, menyatakan, “Saya sudah tidak sabar mengikuti acara ini sampai selesai. Kemudian mengikuti kelas dengan baik. Karena saya memang sangat ingin belajar agama lebih dalam agar bisa menjalani kehidupan dengan baik yang sesuai dengan tuntunan nantinya.”
 
Koordinator bidang kesiswaan, Bapak Iswanto, M.Pd.I, dalam sambutannya menyampaikan, “Nanti diikuti dengan baik rangkaian agenda MATSAMA mulai hari ini, Kamis 4 Juli 2024 sampai Sabtu, 6 Juli 2024. Semoga bisa bermanfaat dan menjadikan kita semua semakin semangat.” Acara pembukaan diakhiri dengan pelepasan rangkaian balon sebagai tanda dimulainya agenda MATSAMA Madrasah Fattah Hasyim 2024/2025.
 
Setelah acara pembukaan, peserta menerima materi pengenalan madrasah. Untuk peserta putra, materi disampaikan oleh Bapak H. Miftahul Ulum, S.Hi, Koordinator Bidang Kurikulum, sedangkan peserta putri menerima materi dari Bapak Badrus Salam, S.Pd.I, Koordinator Bidang Tata Usaha. Beliau berdua mengenalkan nama lengkap madrasah, yaitu Madrasah Tsanawiyah Aliyah Fattah Hasyim, sejarah berdirinya madrasah sejak tahun 2010, hingga struktur kurikulum yang menggabungkan pelajaran kepesantrenan dan umum.
 
Para siswa juga dikenalkan dengan kultur di Madrasah Fattah Hasyim yang memisahkan gedung putra dan putri, kegiatan harian yang dimulai dengan doa bersama hingga selesai dengan sholat dhuhur berjamaah di Masjid Al-Muhibin, serta sistem nilai murni yang diterapkan. Bapak H. Miftahul Ulum menjelaskan bahwa setiap hari siswa akan belajar kitab kuning dan materi umum, serta kebanyakan penulisannya dalam aksara Arab dan Pegon.
 
Bapak H. Miftahul Ulum juga memberikan kiat-kiat sukses belajar di Madrasah Fattah Hasyim. Ia menekankan pentingnya menata niat untuk mencari ilmu yang bermanfaat. “Karena banyak juga yang dari jauh, seperti Mas Ardi ini, asalnya Jambi yang berangkat pakai mobil perjalanan 3 hari. Maka perlu ada kiat-kiat menuju keberhasilan,” ujarnya.
 
Peserta didik diingatkan untuk selalu menjaga niat dalam menuntut ilmu dan mengingat perjuangan orang tua mereka. “Mulai detik ini juga, mulai masuk di Madrasah ini, niatkan untuk mencari ilmu yang bermanfaat,” pesan H. Miftah.
 
Dengan semangat dan antusiasme yang tinggi, diharapkan seluruh peserta didik baru Madrasah Fattah Hasyim dapat memanfaatkan momen MATSAMA ini untuk mengenal lebih dalam lingkungan madrasah dan mempersiapkan diri untuk mengikuti KBM hingga lulus.
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email