Pada hari Sabtu, 23 November 2024, Madrasah Aliyyah Fattah Hasyim melaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) yang berlangsung di Ruang Rapat Gedung 2. Agenda ini dihadiri oleh Kepala Madrasah, Kepala Bidang, serta seluruh staf yang terkait, menciptakan suasana yang penuh antusiasme dan semangat untuk perbaikan.

Kegiatan dimulai dengan sambutan hangat dari Bapak K.H. Moh. Yahya Husnan, Kepala Madrasah Aliyyah Fattah Hasyim. Dalam pidatonya, beliau menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada tim pengawas yang telah meluangkan waktu untuk hadir dan memberikan bimbingan. “Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas Madrasah Fattah Hasyim. Bimbingan dan arahan yang diberikan akan kami terima dengan baik, sebagai langkah untuk menyempurnakan program pendidikan yang kami jalankan,” ungkap beliau dengan penuh semangat.

Sutrisno, M.Pd, pengawas madrasah, turut memberikan pandangannya mengenai pentingnya penilaian kinerja ini. Ia menekankan bahwa prestasi madrasah dan mutu lulusan sangat berpengaruh dalam meningkatkan eksposur dan reputasi institusi pendidikan. “Kami akan membantu mengecek berkas-berkas yang ada. Jika terdapat kekurangan, kami siap membantu untuk melengkapi demi persiapan akreditasi yang akan datang,” jelasnya. Dengan nada optimis, Sutrisno menambahkan bahwa kolaborasi antara pengawas dan madrasah adalah kunci untuk mencapai tujuan bersama.

Selain itu, Sutrisno juga menjelaskan bahwa ia akan memeriksa dan memberikan masukan terkait Kompetensi 1 dan Kompetensi 2. Sementara itu, untuk Kompetensi 3 dan 4, penilaian akan dilakukan oleh Drs. Pancahadi Siswasusila, M.Si, yang dikenal luas dengan keahlian dan pengalamannya dalam bidang pendidikan.

Penilaian kinerja kepala madrasah ini dilakukan berdasarkan lima komponen utama yang telah ditetapkan dalam petunjuk teknis (juknis). Komponen tersebut mencakup:

  1. Usaha Pengembangan Madrasah: Menilai upaya yang dilakukan dalam memperbaiki dan mengembangkan institusi.
  2. Pelaksanaan Tugas Manajerial: Mengukur sejauh mana kepala madrasah menjalankan tugas manajerial dan administratif.
  3. Pengembangan Kewirausahaan: Menilai inisiatif dalam menciptakan program-program yang mendukung kewirausahaan di lingkungan madrasah.
  4. Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan: Memastikan bahwa proses pembelajaran berjalan efektif dan mendukung pengembangan profesionalisme tenaga pendidik.
  5. Hasil Kinerja Kepala Madrasah: Mengukur pencapaian dan dampak dari kepemimpinan kepala madrasah terhadap madrasah secara keseluruhan.

Melalui penilaian ini, Madrasah Aliyyah Fattah Hasyim bertekad untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada para siswa. Dengan dukungan penuh dari tim pengawas, di harapkan setiap elemen dalam madrasah dapat saling bersinergi untuk mencapai visi dan misi pendidikan yang lebih baik.

Acara diakhiri dengan diskusi interaktif antara tim pengawas dan kepala madrasah, membuka ruang untuk pertanyaan dan masukan yang konstruktif. Suasana penuh keakraban dan kolaborasi menjadi penutup yang manis untuk acara yang sangat penting ini, menegaskan komitmen bersama untuk memajukan pendidikan di Madrasah Aliyyah Fattah Hasyim.

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email